Mengapa saya membuat blog??

Mengapa saya membuat blog? Sekedar ingin pamer? Mempromosikan diri sendiri? Berbagi pengalaman pribadi? Berbagi ilmu dengan para teman? Pertanyaan-pertanyaan awal yang muncul ketika saya memutuskan untuk membuka blog ini.

Saya ingin berbagi tentang ide awal saya membuat blog. Dimulai dengan rasa ingin tahu dan mencoba-coba, kemudian saya berpikir bahwa mungkin saya juga membutuhkan sarana untuk menumpahkan apa yang saya rasakan dalam hidup saya. Yang jelas model buku harian dan sejenisnya tidak begitu berhasil untuk saya. Maka, genaplah rasanya alas an saya untuk memulai membuat blog, meskipun masih sangat kasar sebenarnya apa saja yang ingin saya tulis di blog saya ini.

Saya sudah mengenal blog sejak dulu, tapi belakangan saya baru merasakan kebutuhan untuk membuat blog. Saya menyadari bahwa saya kurang begitu suka menulis dan jikapun harus menulis maka tulisan saya masih sangat lemah dalam mengungkapkan ide saya dalam bentuk tulisan.

Untuk mencari jawaban atas pertanyaan apa yang harus saya tulis di blog ini, akhirnya saya mulai mencari dan bertanya dengan beberapa teman yang sudah terlebih dahulu aktif sebagai blogger. Nah, jawaban yang muncul kemudian adalah dengan membuat blog kita bisa berbagi dengan orang lain. Tapi berbagi apa? Nah, munculah beberapa kata kunci dalam pikiran saya. Pendidikan, teknologi dan bahasa. Ketiga hal tersebut merupakan hal-hal yang saya geluti dan minati sejak jauh-jauh hari, bahkan sebelum saya makan asam garam kehidupan kampus.

Akhirnya tercetuslah ide untuk menulis dan memberikan tinjauan pribadi terhadap program ataupun aplikasi computer yang berhubungan dengan pembelajaran bahasa. Beberapa diantaranya sudah dan akan saya pelajari. Dengan memberikan tinjauan pribadi, saya berharap bisa memberikan tambahan informasi kepada mereka yang membutuhkan, terutama teman-teman pengajar bahasa, baik itu bahasa Indonesia, bahas Inggris atapun bahasa asing lainnya.

Hal yang lain yang muncul di benak saya adalah saya bisa menggunakan media ini untuk belajar menulis dan mengasah kemampuan menulis saya kembali, meski tantangan terbesar yang nantinya saya hadapi adalah kemauan apakah saya bisa secara konsisten menulis dan mengisi halaman-halaman di blog saya ini. Bagi saya menulis merupakan apresiasi saya terhadap apa yang sudah saya pelajari dan alami, menuliskan kembali hal-hal itu dengan tambahan sudut pandang pribadi saya sendiri.

Kira-kira seperti itulah perjalanan singkat yang saya alami ketika saya memutuskan untuk membuat blog ini. Nah, bagi teman-teman yang ingin membuat blog pribadi, saya sarankan untuk memulai perjalanan anda dengan pertanyaan, “Mengapa saya (ingin) membuat blog?”

One response to “Mengapa saya membuat blog??

Leave a Reply

