Betapa Kecilnya Seorang Manusia

Betapa Kecilnya Seorang Manusia

Bagaimana kita bisa berkata demikian? Ini adalah cara kita harus berintrospeksi, cara ini kita akan merasakan bahwa seorang pria (atau manusia) sangat kecil. Anda mungkin bertanya mengapa bisa demikian. Marilah kita periksa beberapa fakta tentang kehidupan. Seorang pria tinggal di sebuah keluarga. Pria tersebut hanyalah bagian dari keluarga itu. Kita sedang berbicara tentang fungsi atau pentingnya pria tersebut dalam sebuah keluarga. Kita berbicara tentang betapa kecilnya pria tersebut dibandingkan dengan hal-hal disekelilingnya.

Keluarga hidup di sebuah lingkungan masyarakat yang lebih luas. Di masyarakat seorang pria bahkan lebih kecil. Masyarakat berada dalam sebuah negara. Lalu, di dunia yang luas ini, seorang pria terlihat jauh lebih kecil. Perbandingan yang lebih jelas terlihat antara dunia (atau Bumi) dan alam semesta.

Ini adalah sebuah pemikiran ilmiah. Bumi tempat kita hidup tidak sendirian di alam semesta ini. Bumi hanyalah satu planet kecil di sistem tata surya. Ada delapan planet lain di sistem tata surya yang sama. Selain itu, ada juga komet yang mempunyai orbit yang tidak biasa di sekitar matahari. Jika revolusi bumi berkisar pada 365,25 hari, komet Halley muncul setiap 75 tahun sekali. Coba bayangkan betapa jauhnya komet tersebut pergi ke luar sistem ata surya kita.

Sistem tata surya kia hanyalah sebuah bagian kecil dari keseluruhan bagian. Tata surya sendiri berotasi dengan matahari sebagai pusatnya dan tata surya juga berputar di sekitar pusat galaksi Bima Sakti. Pemikiran lebih mendalam akan membawa kita pada galaksi-galaksi lain seperti Andromeda, Betelgeuse, Orion dan Awan Magellanic. Coba kita lihat bumi kembali. Bumi memiliki satu satelit yaitu bulan.

Jarak terpendek antara bumi dan bulan adalah 380.000 km dan jarak antara bumi dan matahari adalah 150 juta km. Ahli astronomi berpendapat bahwa bintang terdekat dengan bumi adalah Alpha Centauri dengan jarak 300.000 X 60 X 60 X 24 X 365,25 km. Hal it membantu kita memahami bahwa manusia terlihat sangat kecil di alam semesta ini, bahkan bumi tempat milyaran mahluk hidup tinggal. Ahli astronomi menyadari bahwa mereka hanya mengetahui sedikit sekali tentang sistem tata surya.

Hal itu berarti bahwa mereka mengetahui sedikit dari alam semesta ini. Akan tetapi, mereka berusaha untuk menggali lebih dalam tentang alam semesta dan lebih jauh melihat ruang yang tak terbatas. Sebagai contoh, planet terdekat dari bumi adalah Venus.  Jaraknya 42 juta km. Meskipun para peneliti telah mengirimkan Explorer atau Lunic ke luar angkasa, planet Venus masih menjadi misteri. Sama halnya dengan planet-planet lainnya, Merkurius, Mars, Jupiter, Saturnus, Uranus, Neptunus, Pluto dan planet-planet kecil lainnya yang berada di antara Mars dan Yupiter. Misteri lainnya adalah penampakan UFO (Benda Melayang yang Tidak Dikenal).

Jika kita berpikir bahwa manusia adalah mahluk ciptaan Tuhan yang paling cerdas, kita harus mengecilkan pemikiran tersebut. UFO kadang telah dapat terlihat oleh mata telanjang manusia. Jimmy Carter, presiden AS terdahulu menyatakan bahwa dia pernah melihat piring terbang. Dalam hal ini, ada keraguan bahwa Tuhan menciptakan mahluk hidup hanya di bumi. Apakah kamu masih merasakan sesuatu pada rasa banggamu?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s