Teknik Menulis Kolaborasi

Words of 'Poetica'

Apa sebenarnya menulis kolaborasi itu? Bagaimana caranya menulis kolaborasi? Nah, di sini akan dijelaskan teknis menulis kolaborasi yang dimaksud.

Mungkin ada yang mengartikan bahwa menulis kolaborasi itu seperti misalnya si A menulis beberapa paragraf untuk bagian awal, dan si B yang melanjutkan hingga ending. Namun menulis kolaborasi yang kami maksud di sini, adalah menulis secara bersama. Misalnya A menulis beberapa kalimat sebagai pembuka. Jika dirasa cukup, maka dilanjutkan oleh si B dengan menulis beberapa kalimat lanjutan. Setelah itu, si A kembali melanjutkan tulisan si B, dan seterusnya secara bergantian, hingga dirasa tulisan itu selesai. Tidak ada batasan berapa kalimat yang harus dibuat atau siapa yang harus mengawali dan mengakhiri cerita. Semua dilakukan mengalir saja.

Dengan begitu, menulis kolaborasi tak hanya dilakukan oleh dua orang (duet). Dengan teknik yang sama yakni menulis secara bergantian, menulis kolaborasi bisa dilakukan bertiga, bahkan berempat. Bentuk tulisan pun tak terbatas, bisa menulis sajak, puisi, cerpen…

View original post 830 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s