Mengenal Allah, Mengenal diri Sendiri

Melampaui Psikologi : Psikologi Katolik

Pengantar

Tulisan ini saya beri judul Mengenal Allah, Mengenal Diri Sendiri. Dengan mengenal Allah, diharapkan kita menjadi sadar seperti apa diri kita sekarang, dan semoga kita semakin menyadari bahwa kita dipanggil untuk menjadi sempurna, seperti Bapa yang adalah sempurna. Dan Bapa telah memberikan kita contoh yang sempurna, dengan mengutus putra-Nya ke dunia, yaitu Yesus.

=====================================

Sebaiknya saya menjadi pribadi yang seperti apa? Pertanyaan seperti ini mungkin pernah terlintas di dalam benak anda. Tulisan saya berikut ini adalah hasil refleksi saya terhadap pertanyaan tersebut.

Dalam psikologi kepribadian, aliran humanistik Carl Rogers, ada yang namanya real self (diri yang nyata) dan ideal self (diri yang diharapkan). Seringkali perbedaan atau jarak yang besar antara real self dan ideal self ini dapat membuat orang stres, memiliki gambaran yang buruk terhadap dirinya karena diri yang nyatga tidak mampu menjadi ideal self seperti yang diharapkan orang lain (orang tua, teman, dst) dengan segala tuntutan dan harapan…

View original post 688 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s