Mahasiswa dan Lagaknya

Machungaiwo - Ma Chung Cinta Akoe

Sebagai seseorang yang berkecimpung dalam bidang pendidikan, saya tidak henti-hentinya merenung, berpikir, dan mempertanyakan segala hal yang berkaitan dengan tingkah polah dan lagak laku para pemeran panggung pendidikan. Satu hal yang akhir-akhir ini sering menggayuti perhatian saya adalah tentang kesenjangan harapan antara para pendidik di lembaga-lembaga konvensional dengan beragam sifat dan bakat mahasiswa-mahasiswanya.

Beberapa bulan yang lalu saya menulis apa yang saya yakini di Facebook: “pendidikan di kampus itu cocok untuk mereka yang berpola pikir sistematis, hirarkis, akademis dan ilmiah, tapi tidak untuk mereka yang bergaya hidup bohemian, agak liberal, spontan dan kreatif. Tapi apakah mereka yang disebut terakhir ini tidak akan sukses dalam kehidupannya kelak? Ya belum tentu; setiap manusia punya agenda hidup sendiri-sendiri dan mustahil bisa meramalkan keberhasilannya dari suatu kotak serba ilmiah yang bernama perguruan tinggi.”

Pikiran itu makin menjadi-jadi manakala mengamati lagak laku beberapa mahasiswa saya. Ada beberapa gelintir yang saya sebut benar-benar tidak pas untuk…

View original post 326 more words

Leave a Reply

