Bahasa

Usual Storyline

Bisa tertawa saat menyaksikan acara televisi dengan Bahasa Inggris, itu adalah kemewahan yang sungguh luar biasa, terutama bagi kalangan yang sudah sekolah sampai perguruan tinggi, dan tetap tak paham Bahasa Inggris. Bagi yang tertawa setelah teks terjemahan tersaji,  sungguh mewah memang bisa tertawa bersama itu.

Begitu juga bagi muslim yang sedang shalat berjamaah, maka akan menangis sedih, saat yang lain mendaras bacaan imam lalu tiba- tiba sesenggukan tersedu- sedan. Tak paham, apa yang sesungguhnya menyebabkan jamaah lain menangis, apakah karena paham bacaan imam, atau bingung saking tak paham sama sekali, namun malu kalau tak ikut menangis, dikira tak menghargai ucapan suci dari Tuhan, yang dibacakan imam, sungguh amatlah menyedihkan.

Syarat komunikasi adalah paham dengan bahasa yang sedang digunakan, antara manusia yang terlibat. Sengotot apapun seorang preman mengancam dengan bahasa umpatan, maka teriakan itu hanyalah angin lalu, bagi sang korban yang tak paham bahasa yang dimaksud, bukan begitu? Begitu juga manakala…

View original post 745 more words

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s