Jangan Lupakan Bahasa Indonesia

Thoughts from Little Singapore

VH4rAlBeberapa waktu lalu The New York Times menulis artikel tentang ortu2 Indo yang hanya mengajarkan bahasa Inggris ke anak mereka, sehingga anak mereka tidak bisa berbahasa Indonesia (lihat artikelnya di sini). Saya lihat sendiri fenomena ini … saya punya kerabat yang lahir dan besar di Indonesia tapi tidak bisa berbahasa Indonesia.

Now … banyak ortu2 ini ingin bahasa Inggris anaknya bagus karena itu bahasa internasional … bahasa Inggris yang bagus akan membuka banyak kesempatan bagi anak. Dan saya setuju. Sebagai anak yang dibesarkan dalam lingkungan trilingual (saya fasih berbahasa Inggris, Indonesia dan Jawa ngoko), saya mendapat banyak pengalaman berharga yang teman2 saya tidak bisa dapatkan karena pada saat itu jarang anak2 bisa berbahasa Inggris.

Tapi tidak dengan mengorbankan bahasa Ibu. Kalau saat itu orang tua saya lebih mementingkan bahasa Inggris, saya tidak bisa berkomunikasi dengan oma opa, banyak tante om dan sepupu saya. Hubungan saya dengan keluarga besar…

View original post 409 more words

Leave a Reply

