Menakar Emosi dalam Cerita

Words of 'Poetica'

by

Teguh Puja

.

Berbicara mengenai bahasa dan ciptakarya yang bisa lahir daripadanya, bahasa punya kekuatan yang dahsyat, dalam upayanya membuat seseorang menjadi tegar, kuat atau bahkan merasa simpatik dan sedih dalam waktu bersamaan. Bahasa punya kekuatan, karena dari sana kita bisa kemudian menghayati dan merasakan ungkapan-ungkapan yang berkaitan dengan emosi yang lahir daripadanya. Senang, sedih, bahagia, sengsara, dan emosi lainnya, semua bisa tersampaikan melalui perantara bahasa.

Berkaitan dengan itu, apakah kemudian penulis cerita bisa bermain dengan emosi yang nanti akan dirasakan oleh pembacanya? Kemungkinan itu sangatlah besar, ya, itu akan terjadi, mewujud menjadi nyata, bila penulis itu tahu dengan baik bagaimana sebaiknya ia memanfaatkan emosi yang ada, dalam detail-detail di ceritanya, agar pada akhirnya, itu bisa berefek luas dan mendalam bagi pembacanya. Bagaimana caranya?

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar plot yang kita bangun tidak saja menjadi menarik, tetapi juga sesuai dengan logika cerita, dan tidak melebar ke…

View original post 1,554 more words

Leave a comment